Sabtu, 19 Mei 2018

Melihat Lebih Jauh Kwikku dan Shoba Industri




livingwhole-istic.blogspot.com ~ Biarpun branding Facebook, Instagram dan Twitter sebagai layanan medsos telah sangat popular. Namun, dua mahasiswa dari UIN Malang itu tidak patah arang buat mendobrak dominasi jejaring medsos luar itu. Saat November 2013 founder mendirikan Layanan local Kwikku. Hingga saat ini penikmatnya telah lebih 22 ribu orang.

Hamdi dan Ifa, lulusan UIN Malang tidak pernah jauh dari Notebook. Laki-laki asli Ambon yang biasa ngomong dengan kencang tersebut menjelaskan saat pendirian Kwikku. Pada 2009 Hamdi pastinya telah membeli domain www.kwikku.com. Cuma, ketika itu yang dia posting yaitu tentang komik yang diambil dari buku-buku. Meski begitu, dia menjelaskan banyak yang senang blognya. "Yang feed back banyak," imbuh sarjana kelahiran 18 Agustus 1993 ini.

Maka, karena besarnya pembaca itulah, Musaad berpikiran mau menjadikan blognya semacam layanan social. Selesai melakukan persiapan, blognya resmi beralih sebagai layanan social sekitar November 2013. "Sebelumnya sudah selesai, tapi kompletnya baru November itu. Kwikku harus berhenti sebab jika komik yang di input aslinya kan illegal sebab belum ada izin," lanjut putra sulung dari tiga bersaudara itu.

Sejak itu Hamdi meminta Ifa Alif, teman satu fakultasnya, guna sebagai chief operating officer di website yang dia kembangkan. Tatkala itu mereka berjanji untuk membuat platform sosial yang unik dibanding social media lain yang sudah terkenal saat ini seperti Facebook dan Twitter. "Ya, misi besar kami adalah mengalahkan Facebook dan Twitter. Bila kami lanjut menggunakan buatan orang luar, kami mempopulerkan mereka," katanya.

Karena berniat buat khas inilah, Hamdi berpikir layout dan fungsi Kwikku saat ini berbeda dan lebih lengkap daripada Facebook. Tidak sekedar bualan, Mussad memperlihatkan berbagai layout di Kwikku. Di dalamnya ada bsebagai tools yang tidak ada di Facebook. Diantaranya yaitu mall online. "Seluruh pengguna Kwikku dapat memasukkan situs dagangannya dan langsung terkoneksi ke kami. Setahu kami, ini yang pertama di dunia," kata Hamdi.

Bahkan, ada tools pacaran atau yang mereka sebut dating site. Bila masuk ke tools itu, kita cepat bertemu dari pengguna Kwikku yang masih jomblo. Jika anda cowok, yang tertera yaitu penikmat Kwikku yang cewek dan lagi single. "Ini mereka kelompokkan saat mereka mendaftar. Untuk itu, kalau mau kenalan, langsung saja menuju ini," pungkasnya.

Untuk hal sosial media kita tentunya telah biasa dari sosial media Facebook, Twitter serta yang sedang naik daun yaitu sosial media sharing foto Instagram. Medsos tersebut sudah cukup lama menduduki papan atas Media Sosial di Indonesia. Dan tidak bisa anda tutup mata jika Media Sosial dari luar negeri dapat sukses meraih pikiran user Medsos di RI.

Dengan jumlah orang yang sangat besar yaitu sekitar 1/4 milyar jiwa yang didominasi usia muda, dapat dikatakan Indonesia adalah pasar yang baik guna dinikmati para developer serta pengembang medsos di NKRI.

Walaupun telah berjibun social media yang merajai sosial media ditanah air. Anak Nusantara tidak mau kalah, Hamdi sukses mengembangkan sosial media dalam kategori social media menggunakan nama Kwikku. Kwikku didirikan anak mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Nama pengembang Kwikku yakni Gema Hamdi Musaad yang lahir pada 18 Agustus 1993, Alumni Fakultas Sains dan Teknologi yang berdarah Ambon.
Dari kemampuannya dikategori codinger Gema bersama Ifa (Co-founder) pun mengembangkan social media Kwikku. Kwikku sebagai medsos yang berplatform viralitas, viralitas dapat terlihat dari fitur yang ada dibagian profil penikmatnya.

Kwikku dikembangkan saat 26 September 2013, serta bisa dikatakan usaha pemula sosial media yang masih bayi. Ketika berdirinya Kwikku telah berhasil memperoleh prestasi Research Expo On Computing 2013, Cakrawala Award serta penghargaan lainnya.

Keberhasilan Kwikku diwaktu lahirnya telah berhasil memiliki lebih dari 31 ribu pengguna yang tersebar di banyak wilayah di RI, dari 150 hingga 400 pemakai baru di Kwikku setiap minggunya. Nama Kwikku sendiri diambil dari istilah Jawa yakni “Kuwi” dan “iku”, tujuan penamaan tersebut supaya dari gaya lokal Nusantara cukup terasa. Saat ini anggota yang dikomandoi oleh founder Kwikku (red: Musad) berkisar 10 orang yaitu bagian desain, developer, dan layanan-layanan lain. Bascam pusat Kwikku sendiri berada tak jauh dari pasar besar Malang kota, Jawa Timur.

Selain dari kwikku, terdapat juga startup yang cukup cepat pertumbuhannya yaitu TokoAndalan.com. TokoAndalan ini bergerak diplatform Online shop system membangun B2B (Bussiness to Bussiness) dan B2C (Bussiness to Customer). Dari menggunakan dua metode itu Fachri pendiri dari TokoAndalan.com mengharapkan kemajuan usahanya dapat maju dengan luas pada beberapa tahun kedepan.


Untuk kamu yang belum mengetahui B2B ((Bussiness to Bussiness) ini mungkin keterangan sederhananya. Konsep bisnis B2B yaitu bisnis yang dianut untuk perusahaan maupun dari yang saling memiliki kepentingan bisnis, atau bisa juga dikatakan semaam bisnis antar perusahaan. Umumnya bisnis B2B dilakukan menggunakan EDI (Electronic Data Intercange) dan email yang berfungsi untuk pembelian produk serta tenaga, berita serta konsultasi maupun pemaketan serta permintaan proposal bisnis. EDI (Electronic Data Intercange) adalah cara transfer data yang terkonsep, dari menu standard yang disetujui melalui suatu cara pc ke satu system pc lain dari bentuk message.


Adapun model bisnis B2C (Bisnis to konsumen) yakni model usaha yang dijalankan antar pemain usaha dan konsumen, seperti dari produsen tas selempang yang menjual serta menawarkan barangnya kepengguna umum melalui internet. Dari pihak produsen tas selempang mencoba melakukan usaha dari memasarkan serta menawarkan produknya ke user tanpa terdapatnya timbal balik dari konsumen guna melakukan bisnis kembali bagi pihak pengrajin tas sekolah. Maksudnya vendor tas kulit hanya menjual serta mengajukan produknya maupun jasanya pada pihak konsumen hanya sebagai konsumen maupun pemesan.


Betul Pahrur Rozi Nasution sebagai Founder dari www.TokoAndalan.com sangat berterus terang buat dapat seterkenal sekarang aja super butuh perjuangan keras. Tapi jika dilalui dengan senyuman seberat apapun usaha yang dilakukan akan terasa enteng. Pedoman yang diterapkannya waktu membangun usaha yakni jika apapun bisnis yang dijalankan harusnya bermitra. Tidak mungkin kita bisa mengembangkan bisnis gede bila anda sendiri yang menjalankannya sendiri. Untuk itulah, dari pertama Fachri membangun https://TokoAndalan.com sudah mempekerjakan beberapa orang untuk menjadi crew dari TokoAndalan. Selain itu terdapat juga mitra yang sama-sama komitmen buat membesarkan TokoAndalan sampai menjadi ecommerce-ecommerce terkenal ditanah air.

Saat ini TokoAndalan masih bisa menjual produk-produk dari Shoba yang mana Shoba Collection ini juga termasuk dari Grup TokoAndalan. Sedangkan hal yang diproduksinya adalah Tas Workshop, Tas Laptop Ransel, Tas selempang, Tas anak TK, Tas koper umroh dan berbagai macam jenis dompet. Sampai saat ini sudah luas yang menggunakan tenaga Konveksi Tas Shoba Industri dalam produksi Tas pinggang untuk toko mereka. Fachri mempercayai kedepannya, Pabrik Dompet Shoba Industri tersebut dapat semakin besar dikemudian hari.

Bila kita sebelumnya membahas seputar dua usaha rintisan usaha yang lagi berkembang di Indonesia. Maka paragraph kebawah ini, saya akan mengupas terkait anak dan permainan yang baik buat buah hati kamu. Dalam perkembangannya, seorang anak dapat merasakan perubahan secara tubuh begitu juga psikis dari waktu balita sampai dewasa. Dari dua perlaihan tersebut, terdapat masa peralihan, yang umumnya dikenal sebagai sebutan remaja atau masa puber. Namun, dalam pandangan Islam status hamba di hadapan fiqh Cuma sebutkan dalam dua fase, yaitu saat balita dan saat balig. Adanya ketidak samaan dari dua fase ini disebabkan perbedaan dalam hal terbebani hokum syariah dan tidak berkewajiban hokum agama. Sedangkan yang sudah balig dan memiliki pikiran yang sehat secara otomatis terkena segala konsekuensi dan berkewajiban penuh terhadap semua prilaku yang dilakukannya. Dia memperoleh pahala dari mengerjakan kegiatan wajib dan sunnah dan berdosa ketika melalaikan perbuatan wajib maupun mengerjakan perbuatan haram. Sedangkan balita atau manusia yang tidak utuh akalnya, bukanlah dapat tanggungan. Itulah arti balig yang sebenarnya menurut syariah.

Mempersiapkan anak-anak memasuki umur dewasa bukan hanya semata-mata melatih buah hati secara individu untuk dapat menjalani hidup, tetapi juga untuk rangka melaksanakan tugas baik sebagai hamba Allah Swt. Artinya, menuju usia balig mereka dilatih supaya siap sebagai pemimpin yang bagus bagi manusia pada masa yang akan tiba buat menegakkan kalimat Allah di muka bumi serta mengkampanyekan syariah untuk rahmatan lil ‘alamin melalui lurusnya syariah dan Khilafah.

Terkait yang harus maupun tidak wajib telah kudu dijalankan, khususnya sembahyang dan shaum. Nabi Allah saw berkata (yang terjemahannya): Perintahkanlah anak-anakmu shalat jika mereka telah menginjak usia 7 tahun, pukullah mereka (karena meninggalkan shalat) jika telah menginjak usia 10 tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka. (HR Ahmad). Pembiasaan shalat tersebut bisa dikerjakan melalui cara menyuruh sembahyang bersama semua anggota dirumah. Untuk buah hati pria dibudayakan guna shalat di masjid. Menghapal bacaan al-Quran dan tadarus dapat dikerjakan bersama semua anggota keluarga setelah melaksanakan shalat magrib yang dilanjutkan ceramah tawsiyah dari ayah maupun ibu. Gunanya yaitu agar pengetahuan yang sudah dimiliki kesayangan juga dilaksanakan dalam kesehariannya sehingga gemblengan nafsiyah Islam buah hati tambah baik.

Membentengi kesayangan dari berbagai tayangan, komik serta kegiatan yang bisa mengarah pada hal-hal yang tidak baik serta member cara lain yang bagus baik, seperti CD sains, bacaan islami, acara keislaman, dll. Dari hal pertemenan bersama lawan jenis, harus dibiasakan tidak bersama antara buah hati cowok dan cewek, bagus diterangkan dampak pertemanan yang bercampur-baur di bagian kehidupan umum, yang bisa menuju bagi pandangan yang landasi naluri seksual serta ketidakproduktifan merenung, khususnya bagi anak yang sudah menuju umur 10 tahun.

Pada saat umur menuju dewasa kesayangan diedukasi tentang pengetahuan akan dewasa (menstruasi serta mimpi) dan bagaimana hukum-hukum fikih Islam mengaturnya. Manfaatnnya yakni supaya mempersiapkan buah hati secara fisik serta psikis sehingga ketika menuju waktu balig datang mereka sudah mengetahui hal-hal yang harus dilakukan serta siap melakukan akibat dewasa (buat terikat dengan pedoman agama) dalam kehidupannya.

Memberikan anak dari keterampilan hidup yang bisa membuatnya berdikari untuk melakukan kegiatan sehari-hari semisal mandi sederhana, merapikan rumah, menyetrika baju, memperbaiki rumah, menggunakan alat sederhana, dan sebagainya. Selain ini adalah melatih mereka untuk melatih yang bisa mengolah badan mereka guna memiliki tubuh yang bagus dan kuat supaya buah hati siap serta memliki modal-modal dasar dalam kancah pertahanan.

Anak yang telah berumur 10 tahun ke atas dapat diajak berinovasi buat membaca persoalan di masyarakat yang dikaitkan dengan acara keagamaan yang sudah dimilikinya. Kemampuan diarahkan pada masalah Islam bersama perbandingannya dengan solusi-solusi yang diberikan dari masyarakat atau negara saat ini. Pemanfaatan teknologi komputer dan internet dipusatkan pada hal yang gunanya berguna seperti mencari informasi yang sama dengan perkembangan cara berpikirnya. Dari seringnya mengedukasi metode berpikir anak, pemikiran buah hati sudah semakin berkembang hingga dapat merangkum permasalahan utama yang dihadapi daerah saat ini, yaitu tidak adanya penerapan hokum Islam di seluruh kehidupan.

Mengedukasi kekuatan, kepemimpinan dan tanggung jawab pada mereka dalam berbagai aspek di berbagai kegiatannya yang selalu disambungkan dengan metode pikir serta cara sikap keyakinan Islam. Tujuannya adalah untuk melatih anak secara berkelanjutan supaya menjadikan mereka menjadi pemimpin pada masa mendatang. Dalam Al-Qur’an

Masing-masing buah hati itu beda. Termasuk dalam semacam belajar. Semua kesayangan memiliki tipe edukasi yang berbeda. Terdapat anak-anak yang bisa belajar dan mendengarkan lewat mendengarkan (audio). Buah hati yang lain, lebih kuat mengingat serta menguasai memperhatikan apapun yang dilihatnya. Makanya, Orang tua baiknya untuk mengetahui semua jenis model edukasi si anak-anak untuk lebih memaksimalkan pengetahuan memahami anak-anak. Si Talking Doll pintar dan imut. Boneka Smart ini memang mengesankan. Bisa jadi itu kata-kata yang terlintas ketika anda memiliki semacam yang bentuknya lucu dan imut. Tidak salah juga kalau yang menyebabkan kalian gemes itu yakni Hafiz Doll. Dari desainnya yang khas serta juga bagus. Boneka Smart tersebut dapat kita dapatkan di Distributor dan Agen Resmi Boneka Hafiz Doll di Indonesia.

Tapi sesungguhnya itu hanya bagian sisi luar dari Hafiz Doll. Kalau kalian lihat lebih dalam lagi, ada banyak guna yang bisa didapat melalui Talking Doll ini. Sebenarnya Boneka Smart itu hanya semacam audio dari berbagai menu yang terdapat di dalamnya. Seperti dari cerita Nabi dan Rasul, murottal, cerita hewan, Asmaul Husna, Teladan Rasulullah sampai dengan music-music anak. Model fisik ini nyatanya menyajikan rasa riang gembira dan mengasyikkan bagi buah hati guna menyimak isi di dalamnya. Tatkala anak-anak sering diperdengarkan suara-suara dari Boneka Smart tersebut, terutama mengaji ketika ingin tidur, lambat laun akan memasuki kepikiran untuk menghafal Al Quran dan juga cerita-cerita yang bermoral.

Impiannya, tentu hari esok nanti bisa memberikan akibat baik bagi prilaku serta kepribadian bagi kepintaran si anak. Bukan Cuma itu, Alqolam mengaji ini juga dapat koneksi dari bluetooth di telephone genggam lho. Membuat edukasi anak-anak jadi lebih seru deh. Umum Anak-anak terlihat suka dari game puzlenya, sebab ya anak-anak masih balita. Walaupun Alqolam mengaji tersebut banyak sekali manfaatnya sebaiknya selalu didampingi oleh Ayah-Bunda. Tetapi jika Ayah-Bunda membeli Hafiz dan Hafizah Talking Doll dengan pertimbangan supaya kesayangan meminimalkanhadnpone atau gadget ya sebaiknya tidak perlu dibluetooth ya. Karena tidak dibluetooth pun Smart Hafiz mengaji ini sudah memberikan kegunaan yang besar kok. Uang jutaan tersebut terbayar kok sama fungsinya.

0 komentar:

Posting Komentar